Sumif dengan macro






Sumif dengan macro - Sumif merupakan fungsi dari penjumlahan dengan satu kriteria tertentu, dan yang jago formula pasti sudah tau bagaimana sumif itu bekerja (biasanya kalau hari minggu sumif libur alias tidak bekerja, heheheh). Yang akan saya uraikan pada artikel kali ini adalah Sumif menggunakan macro atau VBA, bisakah?, mari kita buktikan.

Sebelumnya saya akan ajak anda untuk bernostalgia dengan fungsi sumif dengan formula
Syntax dari fungsi SUMIF adalah sebagai berikut :

SUMIF(range, criteria, [sum_range]) range : adalah cell-cell yang ingin kita evaluasi berdasarkan kriteria yang ditentukan.
criteria : kondisi atau aturan filter yang digunakan.
sum_range : jika ini disebutkan maka range ini yang akan jadi acuan untuk mengambil nilai, tetapi posisinya sesuai dengan kolom – baris dari range yang terfilter.
Contoh :
=SUMIF(D3:D9;B10;C3:C9)
Lihat hasilnya pada gambar dibawah ini


Sumif dengan macro - Sekarang kembali ke microsoft excel visual basic for application atau VBA, untuk membuat sumif dengan vba / macro silahkan terlebih dahulu download file latihanya dibawah ini

Dukung kami terus dengan cara membagikan artikel ini ke facebook, Google +, twitter atau kemedia sosial lainya, terimakasih

Setelah anda mendownload file Sumif dengan macro, silahkan buka file hasil download tadi, tekan ALT+F11 untuk masuk jendela visual basic editor, lihat design userform yang ada dalam jenela VBE hapus seluruh kode yang ada, kemudian . . . . . . .