Cara disable save as



Non aktifkan save as pada Excel dengan macro - Fitur save as pada microsoft excel digunakan untuk menyimpan workbook lama dengan nama baru dengan nilai nilai dan norma norma yang sama, save as pada microsoft excel bisa juga dikatakan dengan menduplikasi file asli ke file yang asli kedua dengan nama file yang sama ataupun dengan nama file berbeda.

Jika anda tidak menginginkan Fitur save as pada microsoft excel ini dimanfaatkan untuk menduplikat file kerja anda, ada caranya yaitu dengan me-non aktifkan atau disable fitur save as pada microsoft excel dengan menggunakan Macro.

Kode macro yang digunakan adalah

Private Sub Workbook_BeforeSave(ByVal SaveAsUI As Boolean, cancel As Boolean)
Dim lReply As Long
  If SaveAsUI = True Then
     cancel = True
  End If
End Sub


Cari panel Thisworkbook, dan pastekan kode macro dalam thisworkbook

Jika anda ingin menambahkan pesan pada pengguna gunakan kode macro ini

Private Sub Workbook_BeforeSave(ByVal SaveAsUI As Boolean, cancel As Boolean)
Dim lReply As Long
'membuat kotak pesan
iPaONe = MsgBox("Kagak boleh di save as bang !!", vbQuestion + vbOKCancel) 
  If SaveAsUI = True Then
     cancel = (iPaONe = vbCancel)
   If cancel = False Then Me.Save
     cancel = True
  End If
End Sub


Selesai, silahkan berkresasi sendiri dengan kode macro ini, oh ya maaf beberapa tahun terakhir ini saya disibukan dengan urusan pribadi sehingga sampai melupakan blog belajar excel ini, semoga kali ini saya bisa istiqomah dan mohon doa_nya para pembaca setia iparengan semoga kita semua dimudahkan segala urusan_nya oleh Sang Pencipta alam semesta.

Ini merupakan artikel belajar excel pertama di iparengan ini, kedepan artikel artikel di iparengan akan saya buat sesederhana mungkin dan seringkas mungkin. Sala #peoplepower :D